IDEAS For Indonesia Berbagi 1000 Buku ke Panti Asuhan Wikrama Putra Semarang

IDEAS For Indonesia berkesempatan berbagi kebahagiaan melalui program IDEAS Sharing IDEAS Caring di Panti Asuhan Wikrama Putra Semarang. Misi donasi 1000 buku telah digelar kemarin sore, Kamis (16/01). Tempat ini merupakan salah satu rekomendasi teman IDEAS. Pasalnya pada bulan Oktober 2019, mereka tertimpa musibah kebakaran. Beberapa ruang belajar dan perpustakaan terbakar. Alhasil semua buku pun ikut lenyap dilalap api. Sehingga mereka pun kekurangan buku untuk belajar.

Kehadiran IDEAS dengan misi donasi 1000 buku tulis diharapkan bisa menambah semangat mereka dalam belajar. Di samping kebutuhan mereka terhadap buku baru, keseriusan mereka dalam dunia pendidikan juga terlihat nyata. Sebab mereka memang tidak seperti kebanyakan teman sebayanya yang memiliki keluarga utuh tetapi tidak menyurutkan semangat mereka untuk bersekolah.

Panti Asuhan Wikrama Putra Semarang Peduli Pendidikan

Panti Asuhan ini berdiri sejak tahun 1967. Awalnya Panti Asuhan ini diprakarsai oleh Pastor Katolik Belanda dan beberapa orang termasuk pasangan suami istri (Pak Untung dan Istri). Panti ini dibangun untuk menampung korban G-30S PKI yang telah kehilangan keluarganya.

Lambat laun kepentingan panti asuhan ini berubah menjadi tempat untuk menampung siapapun. Baik seseorang yang tidak memiliki keluarga ataupun anak yang kehadirannya tidak diharapkan dan dipersiapkan oleh orang tuanya.

Berdasarkan laporan dari kantor polisi, kini marak penemuan bayi yang terlantar. Ada juga kasus bayi yang dikirimkan langsung oleh ibu muda yang belum siap merawat anaknya. Panti ini menjadi tempat rujukan, di mana semua orang diterima dan tidak akan ditolak. Kini panti tersebut sudah menampung 75 orang. Mulai dari bayi yang berumur 2 bulan sampai lansia ada di sana.

Segala biaya dan keperluan keluarga di panti ini diusahakan tercukupi. Pengurus Panti Asuhan Wikrama Putra Semarang, Ibu Untung mengakui tidak ada donatur tetap dalam yayasannya. Tetapi panti ini selalu diberkahi kasih sayang dari manapun.

Ibu Untung memiliki prinsip yang mulia. Menurutnya seluruh anak yang tinggal di panti ini harus bersekolah. Semuanya berhak mendapatkan pendidikan. Alhasil dari 75 orang, sekitar 45 anak bersekolah dengan jenjang pendidikan yang berbeda-beda. Kini yang menempuh pendidikan TK ada 8 anak, SD 14 orang, SMP 14 orang dan SMA 6 orang. Bahkan yang sampai ke jenjang perguruan tinggi sudah sebanyak 3 orang.

Dari pihaknya berharap semoga bantuan berupa 1000 buku tulis ini dapat bermanfaat untuk anak-anaknya. “Kebakaran ini mungkin musibah bagi kami tetapi setelah itu yang kami rasakan adalah keberkahan. Karena ternyata banyak yang peduli dengan kami,” tuturnya. Beliau pun berterima kasih atas kehadiran dan bantuan IDEAS. Diharapkan akan ada banyak pemuda/i seperti IDEAS yang lebih peduli dengan sesama manusia.

Publikasi kegiatan ini dapat dilihat di youtube: IDEAS For Indonesia.

Link: https://www.youtube.com/watch?v=bdn_zh3s6ro&t=5s

Pembagian 1000 buku tulis dalam misi #donasi1000buku untuk teman IDEAS di Panti Asuhan Wikrama Putra Ngaliyan Semarang, kamis sore (16/01).
Foto bersama team IDEAS dengan pemilik Panti Asuhan Wikrama Putra, Ngaliyan, Semarang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *