IDEAS For Indonesia Target Jelajahi 13 Pesona Turki

Halo Teman IDEAS

Apa yang ada dipikiranmu saat mendengar kata Turki? Kebab atau drama Turki nya?

Turki menjadi negara yang menarik untuk dibahas kali ini. Saat mendengar kata Turki, yang terlintas dibenak kebanyakan orang adalah kebabnya atau drama Turki yang menghiasi layar kaca pemirsa. Selain itu, Turki dianggap unik karena terletak diantara daratan benua eropa juga asia sehingga menjadikan Turki sebagai negara Eurasia

Tentu, daya tarik Turki tidak hanya sebatas itu saja. Ternyata negara yang memiliki penduduk mayoritas agama islam ini banyak merekam jejak sejarah peradaban di dunia. Tidak heran bila banyak bangunan peninggalan Turki yang wajib dikunjungi.

Inilah sederet lokasi yang menjadikan Turki menarik untuk dikunjungi.

  1. Istanbul University

https://beritaturki.com/wp-content/uploads/2020/02/5aeaff7ad3806c1f4467756e.jpg

Universitas Istanbul adalah universitas terkemuka di Turki karena usianya yang sangat tua nan bersejarah. Universitas ini dikenal sebagai univesitas dua benua yang terletak di antara benua Eropa dan Asia. Kehadirannya sudah ada sejak 567 tahun silam. Keseriusannya menjadi yang terbaik, kampus ini mengangkat motto “The Bridge of Knowledge from History to the Future” yang berarti jembatan pengetahuan dari sejarah ke masa depan. Oleh karena itu, Universitas Istanbul menjadi satu-satunya universitas Turki yang masuk nominasi 500 universitas terbaik di dunia.

2. Hagia Sophia Museum

https://asset-a.grid.id//crop/0x0:0x0/700×465/photo/2019/02/27/3391457712.jpg

Museum Hagia Sophia memiliki bangunan yang sangat unik. Setengah bangunannya tampak seperti masjid sementara sisanya terlihat seperti bangunan gereja. Di balik keunikannya, ada sejarah yang melingkupinya. Hagia Sophia telah melihat perjalanan dunia karena lokasinya yang strategis. Sekitar abad ke-4 bangunan ini adalah Gereja. Namun di masa kekaisaran Ottoman, oleh Sultan Mahmed II fungsi Hagia Sophia berubah menjadi masjid dengan 4 menara dan tulisan kaligrafi. Lalu sejak tahun 1935, presiden Turki Kemal Ataturk menjadikan Hagia Sophia sebagai museum.

3. Topkapi Palace

https://lh3.googleusercontent.com/proxy/6tPhIaqSVXoYLnICklCWnuN8h_wLNs4L2h4jCrDWvgvHTSQMlZmERz1W4rX9q1zzZftaeEjOE1GvsLORhd_3yWCZRsJikYNZ5_JboQ7oRydga0ntU_uJCBKiJm_TIz0YtNXWAjFZOg

Topkapi Palace merupakan tuan rumahnya Turki, karena dahulu tempat ini menjadi pusat pemerintahan Turki sekaligus istana peninggalan Turki Ustmani. Bahkan Topkapi palace pernah menjadi tempat tinggalnya sultan Usmaniyah, semenjak Sultan Mehmet II berhasil menaklukan kota Konstatinopel. Bangunan ini dihiasi dengan gaya arsitektur Utsmaniyah yang begitu cantik dan megah. Diantara bangunan ini, ada hal yang paling menarik perhatian para pengunjung yaitu peninggalan Nabi Muhammad SAW, Nabi Musa, Nabi Ibrahim, Nabi Yusuf, Nabi Daud dan sahabat Nabi lainnya.

4. Blue Mosque

https://cdns.klimg.com/merdeka.com/i/w/news/2017/11/28/913782/670×335/kemegahan-masjid-biru-kembaran-hagia-sophia-di-istanbul.jpg

Masjid biru (Blue Mosque) atau biasa disebut Masjid Sultan Ahmed merupakan masjid yang terletak di Istanbul yang letaknya berdekatan dengan Istana Topkapi. Keelokan Blue Mosque menjadi daya tarik karena didominasi dengan interior keramik berwarna biru dengan motif daun, tulip, mawar, anggur atau motif geometris. Keramik pada lantai bawahnya pun didesain tradisional Turki. Tidak hanya itu, terdapat 200 kaca hias yang digunakan sebagai jendela masjid. Karpet yang dibentangkan pun terbuat dari bahan sutera. Kemegahan masjid ini memantik orang-orang untuk betah didalamnya.

5. Uludag Mountain

https://previews.123rf.com/images/tminaz/tminaz1902/tminaz190200047/118093707-uludag-mountain-ski-resort-bursa-turkey.jpg

Turki yang memang menyimpan banyak pesona, salah satunya Gunung Uludag yang terdapat di kota Bursa. Uludag ini menjadi wisata salju yang indah dan aman karena area sekitar gunung dijaga tetap asli dimana tidak ada bangunan. Sehingga kawasan ini ditunjuk sebagai taman nasional. Yang menarik dari wisata Gunung Uludag ini adalah disajikannya panorama alam indah dengan berbagai pepohonan yang akan berubah setiap musimnya dan gunungnya tertutup salju. Selain itu, pengunjung dapat menikmati Winter Resort yang berada di Kota Bursa. Kegiatan paling populer di sini adalah ski dan berselancar di atas salju.

6. Uludag University

https://kuliahditurki.com/wp-content/uploads/2018/01/3.-Uludag-University.jpg

Bila Istanbul University merupakan kampus terbaik di Turki, maka Uludag University adalah kampus terhits di Turki. Letaknya berada di kota Bursa. Kampus ini berkawasan sejuk dan indah karena dikelilingi hutan. Luasnya yang 1.700 hektare menampung fasilitas yang super komplit seperti gedung perkuliahan, perpustakaan, rumah sakit, asrama.
Selain itu ada juga Social Life Center yang dilengkapi sarana edukatif dan rekreasi seperi bioskop, gedung teater, arena bowling, restoran serta pusat perbelanjaan. Banyak pelajar Indonesia tertarik berkuliah di sini, terlebih lagi pemerintah Turki menyediakan beasiswa bagi mahasiswa yang tertarik belajar di Turki.

7. Cumalikizik Village

https://www.bizevdeyokuz.com/wp-content/uploads/Cumalikizik-renkli-evler-1280×720.jpg

Cumalikizik Village adalah sebuah desa pemukiman di wilayah Turki, di mana waktu tampak seperti diam, karena para penduduk berhasil menghindari efek negatif dari gaya hidup modern. Keramahtamahan orang-orang di Cumalıkızık, seolah hidup bersama dengan kayu-kayu, batu, dan rumah-rumah bata-lumpur, dengan jelas menampilkan fitur bersejarah arsitektur sipil Ottoman yang membuat desa ini sangat menarik. Desa ini masuk ke dalam daftar Tentatif UNESCO.

8. Koza Han Silk Maket

https://www.nomadicchica.com/wp-content/uploads/2015/02/Bursa-Turkey-nomadicchica.com-18-1024×768.jpg

Koza Han merupakan pasar sutra bersejarah di Kota Bursa. Silk Market (Koza Han) adalah Pasar Sutra yang sudah kondang sebagai pusat perdagangan sutra sejak zaman dulu. Lokasinya terletak di antara Masjid Agung kota Bursa dan Masjid Orhan. Pasar dengan tangki air mancur dan 95 kamar ditengah bangunannya ini, berjejer toko yang menyediakan/memproduksi kain berkualitas tinggi dengan harga murah seperti kain sutra, syal sutra, bahan pakaian, barang artistik dan cinderamata lainnya.

9. Ulu Kami Grand Mosq of Bursa

https://www.umrohterbaik.com/wp-content/uploads/2016/07/Bursa-Grand-Mosque-Turkey-Ulu-Cami.jpg

Turki kental dengan keislamannya. Terdapat banyak situs peninggalan Islam yang masih kokoh di negara tersebut. Salah satunya masjid Ulu Cami’i yang notabenenya merupakan landmark terkemuka di pusat kota Bursa. Ada 2 menara dengan 20 kubah yang melekat pada bangunan masjid sehingga menambah kesan menakjubkan. Tidak kalah penting, Ulu Cami’i dianggap sebagai masjid terpenting kelima dalam Islam, setelah Mekah, Madinah, Yerusalem dan Damaskus. Bahkan pada tahun 2014 Ulu Cami’i masuk dalam situs Warisan Dunia UNESCO.

10. Yesil Turbe – Green Tomb

http://www.readntravel.com/wp-content/uploads/2017/03/17BURSA-YE%C5%9E%C4%B0L-T%C3%9CRBE-300×225.jpg

Kota Bursa, ada sebuah kawasan yang disebut dengan komplek hijau yang terdapat masjid dan makam identik berwarna hijau. Ini adalah bagian dari Kompleks Ottoman abad ke-15 yang terdiri dari makam, masjid, dan medra (sekolah teologis). Tempat ini berisi masjid-masjid dari abad ke-13 dan ke-14. Yaitu Masjid Hijau (Yesil Camii) adalah masjid terbesar di Bursa. Seberang masjid terdapat makan Sultan Mehmed I (Sultan Ottoman ke-5). Arsitek dari makam tersebut berbentuk Hexagonal dengan ubin yang berwarna hijau dan biru. Komplek ini selain menyajikan makam dan masjid, ada pula museum kecil dan cafe yang lingkungan sekitarnya terjaga kerapian dan kebersihannya.

11. Inkaya Historical Plane Tree

https://media-cdn.tripadvisor.com/media/photo-s/11/6b/56/12/inkaya-tarihi-cinari.jpg

Di sebuah desa kecil lingkungan Cekirge Bursa jalan menuju Uludag, ada pohon pesawat raksasa yang usianya sangat tua, sekitar 600 tahun. Pohon ini terkenal dengan nama Inkaya Cinar. Inkaya Cinar memiliki ketebalan diameter batang 3 meter dengan keliling 9,2 meter. Adapun tingginya 35 meter. Namun pohon ini bukanlah pohon tertua di Bursa. Inkaya Cinar menarik sebab ini adalah pohon pesawat pertama yang ditanam oleh Ottoman pada masa awal kekaisaran. Ukuran yang besar menjadi simbol pertumbuhan kekuatan Ottoman. Selain memiliki history yang menarik, tempat ini dibangun rumah-rumah teh. Tempat ini menjadi asik untuk bersantai sembari menikmati suasana rindang sekitarnya.

12. Grand Bazaar Istanbul

https://dewanggaumroh.com/wp-content/uploads/2019/06/Bagian-dalam-Grand-Bazaar-www.discovery-tours.com_.jpg

Perjalanan kurang lengkap rasanya bila tidak berkunjung ke pusat oleh-oleh. Turki memiliki pasar tertua yang berusia 500 tahun. Namanya Grand Bazaar Istanbul karena letaknya di kompleks kota tua Istanbul tepatnya distrik Fatih. Pasar ini terdapat 21 pintu gerbang dengan jalan berliku layaknya labirin sehingga seringkali pengunjung tersesat. Namunjangan khawatir, tersesat di pasar ini akan menyenangkan karena pengunjung dapat menjelajahi jutaan barang dan souvenir dalam macam bentuk dan harga.

13. Colourfull City of Balat

ISTANBUL, TURKEY – September 27, 2018. Colorful houses of the Balat district.

Manjakan mata dengan pemandangan yang menakjubkan. Deretan gedung warna-warni ini menambah kesan perjalanan yang menyenangkan. Pengunjung dapat menjumpainya di Balat. Balat adalah salah satu distrik tertua di Istanbul dengan beberapa rumah kayu berusia 200 tahun. Pengunjung tidak hanya menjumpai keindahan bangunannya tetapi warga lokal akan menyambut pengunjung dengan ramah. Mereka hidup dalam lingkungan budaya Yahudi, Kristen dan Muslim. Banyak hal yang dapat dilakukan di sini yakni berkeliling di jalan yang tenang dan landai sambil menikmati bangunan tua yang disulap menjadi cafe dan restoran keren yang menyajikan makanan lezat dari Turki.

Beberapa lokasi di atas merupakan destinasi yang jangan sampai terlewatkan saat berkunjung ke negara Turki. Sebab setiap lokasi ini menawarkan pengalaman yang hebat. Kekayaan sejarah dan budaya yang dimiliki Turki serta keanekaragaman alam yang menakjubkan ini menjadi nilai plus yang patut dicoba.

Oleh karena itu, IDEAS for Indonesia mengajak para pemuda/i Indonesia untuk menjadi delegasi guna belajar sebanyak-banyaknya kepada negara ini. Berkunjung langsung dan menikmati keseruannya di negara ini tentu membuka cakrawala dan pengetahuan delegasi yang nantinya diharapkan mampu membawa dampak positif baik untuk dirinya maupun sekitarnya.

Adapun misi IDEAS For Indonesia dalam Program Pemuda Delegasi Indonesia (PPDI #3) adalah berkunjung dan belajar pada lokasi yang telah disebutkan di atas. Apakah kamu salah satu pemuda/i yang dicari oleh IDEAS for Indonesia ? Bila iya, segera daftarkan dirimu dalam PPDI #3 Turki 2020 (Winter Edition). Download panduan di sini.
Sampai berjumpa di Turki.

Sumber:

  • https://www.ayokuliahditurki.id/istanbul-university/
  • https://beritaturki.com/wajib-tahu-10-fakta-tersembunyi-tentang-universitas-istanbul/
  • https://bobo.grid.id/read/081650620/mengunjungi-hagia-sophia-museum-indah-saksi-sejarah-di-turki?page=all
  • http://www.tourketurki.com/topkapi-palace-turki-membuka-kembali-lembar-sejarah-kejayaan-kesultanan-turki/
  • https://sekolahumroh.com/fakta-menarik-tentang-masjid-biru-blue-mosque-turki-yang-perlu-kita-tahu/
  • http://www.tourketurki.com/gunung-uludag-turki-wisata-salju-yang-memesona-di-bursa/
  • https://www.shalaazz.com/2018/10/kenapa-pelajar-indonesia-tertarik-belajar-uludag-university-turki.html
  • http://www.tourketurki.com/koza-han-pasar-sutra-bersejarah-di-kota-bursa/
  • https://merahputih.com/post/read/menengok-sejarah-masjid-ulu-cami-i-bangunan-terpenting-di-bursa-turki
  • https://www.cheria-travel.com/2015/09/paket-umroh-plus-turki-2015-nuansa.html
  • http://www.thebestofbursa.com/sipping-tea-inkaya-cinar/
  • https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20150919130243-269-79736/grand-bazaar-turki-belanja-di-pasar-tertua-dunia
  • https://www.saltinourhair.com/turkey/istanbul-balat/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *