LATAR BELAKANG PPDI #4 JEPANG 2021

Manifestasi bangsa yang berkualitas terlihat dari adanya upaya peningkatan mutu dalam bidang pendidikan. Berangkat dari pemikiran tersebut, IDEAS For Indonesia berupaya terlibat aktif dalam meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia. Melalui Program Pemuda Delegasi Indonesia (PPDI), IDEAS For Indonesia memberikan kesempatan pengalaman belajar di berbagai negara maju.

Program Pemuda Delegasi Indonesia (PPDI) merupakan langkah penerapan dua dari empat pilar pendidikan. Menurut Perserikatan Bangsa- Bangsa melalui lembaga UNESCO (United Nations, Educational, Scientific and Cultural Organization), dua pilar pendidikan terdiri dari learning to know and learning to be. Pilar pertama memiliki arti anjuran bagi pemuda/i untuk mencari dan mendapatkan pengetahuan sebanyak-banyaknya melalui pengalaman yang didapatkan. Pilar kedua memiliki arti pentingnya mendidik dan melatih pemuda/i agar menjadi pribadi yang mandiri dan dapat mewujudkan cita-citanya. Oleh karena itu, PPDI terbentuk dari semangat kedua pilar tersebut, dimana secara sinergi dapat membentuk dan membangun pola pikir pemuda/i demi meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia. Dalam rangka menjalankan misinya, IDEAS For Indonesia melirik Jepang sebagai lokasi menarik untuk menyelenggarakan PPDI #4. Negeri Sakura merupakan destinasi populer di Asia. Keindahan alam dan budaya yang khas menjadi daya tarik bagi pengunjung termasuk mahasiswa internasional. Mutu pendidikan, kemajuan teknologi dan inovasi dalam ilmu pengetahuannya juga menjadi keunggulan tersendiri. Ketertarikan mahasiswa Internasional pada Jepang disambut hangat oleh Pemerintahnya. Sekiranya sekitar 300.000 mahasiswa asing berpeluang besar untuk melanjutkan studi di negara

Dua diantara 10 kampus terbaik di Jepang merupakan destinasi kunjungan IDEAS For Indonesia. Pertama adalah Kyoto University alias Kyodai. Kyodai merupakan kampus peraih hadiah nobel. Lima kategori nobel itu terdiri dari bidang fisika, kimia, fisiologi atau kedokteran, perdamaian dan ekonomi. Ini berafiliasi pada Kyodai dan para alumni Kyodai terlibat di dalamnya. Kyodai dikenal sebagai universitas tertua kedua dan menjadi salah satu kampus top di Jepang yang mengedepankan semangat kebebasan dalam akademik dan penelitian.

Perguruan tinggi yang menarik untuk dikunjungi adalah Osaka University. Ini merupakan universitas tertua ke-enam, dan menjadi pilihan banyak mahasiswa internasional karena termasuk dari tujuh universitas nasional di Jepang. Banyak tawaran beasiswa dan pembebasan biaya kuliah yang disediakan untuk mahasiswa asing. Para ilmuwan terkemuka juga bekerja pada Universitas Osaka. Dua universitas di atas menjadi pantas untuk dijadikan destinasi para pemuda delegasi Indonesia. Melalui Program Pemuda Delegasi Indonesia (PPDI #4) Japan 2021 – Spring Edition, pemuda Indonesia diberikan pengalaman untuk belajar pada dua universitas ternama di Jepang. IDEAS For Indonesia pun mengajak delegasi untuk mengenal budaya, sejarah dan menikmati keindahan alam di Jepang saat musim semi berlangsung. Jika Tokyo terkenal sebagai pusat pemerintahan Jepang maka Osaka dikenal sebagai pusat bisnis dan Kyoto merupakan pusat budaya Jepang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *